PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN PASAR MONOPOLI

 STRUKTUR PASAR

Struktur pasar adalah informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar Jenis struktur pasar dapat diketahui melalui konsentrasi pasar. Struktur pasar umumnya dibedakan menjadi struktur pasar persaingan sempurna dan struktur pasar persaingan tidak sempurna. Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga macam yaitu struktur pasar monopolipersaingan monopolistik, dan oligopoli. Empat jenis struktur pasar tersebut didasarkan pada karakteristik pasar yang meliputi jumlah dan ukuran distribusi para pembeli dan penjual, hambatan masuk, serta tingkat diferensiasi produk.

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya meliputi penjual dan pembeli dengan jumlah banyak. Dengan catatan, kedua pihak tersebut tak dapat mempengaruhi harga, sebab harga sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.


Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk pasar paling klasik yang paling sering digunakan dalam analisis ilmu ekonomi. Dilansir dari laman BPMPK Kemdikbud, berikut adalah beberapa ciri-ciri pasar persaingan sempurna, yaitu:

1. Jumlah Pembeli dan Penjual Banyak

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang paling sering ditemui, karena terdapat banyak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi jual beli. Jumlah penjual dan pembeli yang banyak ini membuat harga barang maupun jasa relatif stabil, karena tidak dipengaruhi oleh besarnya jumlah pembelian.

Naik turunnya harga barang dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh banyaknya permintaan dan penawaran. Semakin tinggi tingkat permintaan, maka harga barang juga akan semakin tinggi.

2. Barang dan Jasa yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Pasar persaingan sempurna menjual barang yang sifatnya homogen atau dapat digantikan dengan produk lain. Dengan kata lain, barang yang dijual di pasar persaingan sempurna dianggap bermutu sama, sehingga sulit dicari letak perbedaannya.

3. Faktor Produksi Bebas Bergerak

Ciri lain dari pasar persaingan sempurna adalah memiliki faktor produksi seperti bahan baku maupun tenaga modal yang bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sebab, pasar persaingan sempurna jarang menemui hambatan berupa peraturan maupun kendala teknik.

4. Pembeli dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar

Pasar persaingan sempurna memungkinkan penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar, termasuk mengenai harga barang yang berlaku hingga kualitas dan kuantitas barang. Selain itu, penjual atau produsen juga dapat mengetahui informasi mengenai perubahan harga, penemuan sumber bahan mentah, tingkat upah, dan teknologi produksi.

5. Produsen Bebas Keluar Masuk Pasar

Salah satu ciri yang menjadi keuntungan pasar persaingan sempurna adalah kemudahan bagi produsen untuk dapat keluar masuk secara bebas ke dalam industri. Dalam hal ini, produsen bebas membuka maupun menutup usahanya tergantung dengan kondisi pasar.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Ada banyak contoh pasar persaingan sempurna. Sebab, jenis pasar ini dapat ditemui dengan mudah di Indonesia. Berikut merupakan beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang mungkin sering kamu temui.

1. Pasar Beras

Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Dalam pasar beras, besar kecilnya pembelian tidak akan memengaruhi harga beras. Sebab, keseimbangan harga beras tergantung pada jumlah permintaan dan penawaran beras secara keseluruhan.

2. Pasar Sayur dan Buah

Hampir sama seperti pasar beras, pasar sayur dan buah juga menjadi komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Harga buah dan sayur juga tidak tergantung pada besar kecilnya jumlah pembelian, karena harga jual buah dan sayur merupakan hasil dari kegiatan tawar menawar antara penjual dan pembeli.

3. Pasar Modal atau Bursa Efek

Tahukah kamu bahwa pasar modal atau bursa efek merupakan salah satu contoh dari pasar persaingan sempurna? Hal ini dikarenakan pasar modal sudah memiliki beberapa informasi yang diketahui oleh penjual maupun pembeli. Selain itu, harga jual saham juga tidak dipengaruhi oleh pihak lain.

PASAR MONOPOLI

Pasar monopoli adalah kondisi di mana hanya ada satu atau sedikit penjual di dalam pasar sehingga tak ada pihak lain yang menyainginya. Pasar ini menjadi bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu produsen yang berhadapan dengan banyak konsumen.

Ciri-ciri Pasar Monopoli

1. Industri satu perusahaan

Dari definisinya, diketahui bahwa hanya ada satu perusahaan di pasar ini. Barang atau jasa yang ditawarkan tak bisa diproduksi oleh perusahaan lain.Dengan demikian, para pembeli tidak punya pilihan lain untuk menggunakan barang atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut.

2. Barang atau jasa tak punya pengganti

Barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan monopoli tak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang juga tak bisa digantikan oleh barang yang mirip (close substitute).

3. Sulit masuk ke dalam industri

Perusahaan tak bisa sembarang untuk masuk ke dalam industri monopoli.Ada beberapa bentuk hambatan untuk masuk ke dalam pasar, mulai dari yang bersifat legal (biasanya berhubungan dengan pemerintah) hingga finansial.

4. Dapat memengaruhi penentuan harga

Karena hanya ada satu perusahaan di pasar ini, maka perusahaan tersebut dapat menguasai penentuan harga. Tak heran jika kemudian perusahaan monopoli disebut juga sebagai penentu harga.

5. Tak perlu promosi iklan

Tak seperti perusahaan lainnya, perusahaan monopoli tak terlalu perlu mempromosikan barang atau jasa yang dijualnya. Betapa tidak, saat dibutuhkan, pembeli tak punya pilihan lain selain menggunakan produk perusahaan yang bersangkutan. Bagi perusahaan monopoli, iklan dibutuhkan hanya untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat, bukan untuk menarik pembeli atau meningkatkan penjualan.

contoh pasar monopoli di Indonesia:

1. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebagai penyedia listrik.
2. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai penyedia air bersih.
3. PT Pertamina, sebagai penyedia bahan bakar.
4. PT Kereta Api Indonesia (KAI), sebagai penyedia layanan transportasi kereta api.
5. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), sebagai penyedia transportasi laut.
6. Bulog sebagai penyedia beras, termasuk di antaranya beras impor.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/03/11/pasar-persaingan-sempurna

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220114102328-97-746526/pasar-monopoli-pengertian-ciri-ciri-dan-contoh/2

https://dailysocial.id/post/pasar-persaingan-sempurna-pengertian-ciri-ciri-struktur-dan-contohnya

 https://www.untag-sby.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI BIAYA PRODUKSI JANGKA PANJANG,SKALA EKONOMIS DAN SKALA TIDAK EKONOMIS

TEORI BIAYA PRODUKSI JANGKA PENDEK

Teori Perilaku Konsumen Dengan Pendekatan Kardinal