PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN PASAR MONOPOLI
STRUKTUR PASAR
Struktur pasar adalah informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar Jenis struktur pasar dapat diketahui melalui konsentrasi pasar. Struktur pasar umumnya dibedakan menjadi struktur pasar persaingan sempurna dan struktur pasar persaingan tidak sempurna. Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga macam yaitu struktur pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli. Empat jenis struktur pasar tersebut didasarkan pada karakteristik pasar yang meliputi jumlah dan ukuran distribusi para pembeli dan penjual, hambatan masuk, serta tingkat diferensiasi produk.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya meliputi penjual dan pembeli dengan jumlah banyak. Dengan catatan, kedua pihak tersebut tak dapat mempengaruhi harga, sebab harga sudah ditentukan oleh pasar itu sendiri.
Ciri-Ciri
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk
pasar paling klasik yang paling sering digunakan dalam analisis ilmu ekonomi.
Dilansir dari laman BPMPK Kemdikbud, berikut adalah beberapa ciri-ciri pasar
persaingan sempurna, yaitu:
1. Jumlah
Pembeli dan Penjual Banyak
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang
paling sering ditemui, karena terdapat banyak penjual dan pembeli yang
melakukan transaksi jual beli. Jumlah penjual dan pembeli yang banyak ini
membuat harga barang maupun jasa relatif stabil, karena tidak dipengaruhi oleh
besarnya jumlah pembelian.
Naik turunnya harga barang dalam pasar
persaingan sempurna ditentukan oleh banyaknya permintaan dan penawaran. Semakin
tinggi tingkat permintaan, maka harga barang juga akan semakin tinggi.
2. Barang
dan Jasa yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen
Pasar persaingan sempurna menjual barang yang
sifatnya homogen atau dapat digantikan dengan produk lain. Dengan kata lain,
barang yang dijual di pasar persaingan sempurna dianggap bermutu sama, sehingga
sulit dicari letak perbedaannya.
3. Faktor
Produksi Bebas Bergerak
Ciri lain dari pasar persaingan sempurna
adalah memiliki faktor produksi seperti bahan baku maupun tenaga modal yang
bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sebab, pasar persaingan
sempurna jarang menemui hambatan berupa peraturan maupun kendala teknik.
4. Pembeli
dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar
Pasar persaingan sempurna memungkinkan penjual
dan pembeli mengetahui keadaan pasar, termasuk mengenai harga barang yang
berlaku hingga kualitas dan kuantitas barang. Selain itu, penjual atau produsen
juga dapat mengetahui informasi mengenai perubahan harga, penemuan sumber bahan
mentah, tingkat upah, dan teknologi produksi.
5.
Produsen Bebas Keluar Masuk Pasar
Salah satu ciri yang menjadi keuntungan pasar
persaingan sempurna adalah kemudahan bagi produsen untuk dapat keluar masuk
secara bebas ke dalam industri. Dalam hal ini, produsen bebas membuka maupun
menutup usahanya tergantung dengan kondisi pasar.
Contoh Pasar Persaingan Sempurna
Ada banyak contoh pasar persaingan sempurna.
Sebab, jenis pasar ini dapat ditemui dengan mudah di Indonesia. Berikut
merupakan beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang mungkin sering kamu
temui.
1. Pasar
Beras
Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok
masyarakat Indonesia. Dalam pasar beras, besar kecilnya pembelian tidak akan
memengaruhi harga beras. Sebab, keseimbangan harga beras tergantung pada jumlah
permintaan dan penawaran beras secara keseluruhan.
2. Pasar Sayur dan Buah
Hampir sama seperti pasar beras, pasar sayur
dan buah juga menjadi komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Harga buah dan
sayur juga tidak tergantung pada besar kecilnya jumlah pembelian, karena harga
jual buah dan sayur merupakan hasil dari kegiatan tawar menawar antara penjual
dan pembeli.
3. Pasar
Modal atau Bursa Efek
Tahukah kamu bahwa pasar modal atau bursa efek merupakan salah satu contoh dari pasar persaingan sempurna? Hal ini dikarenakan pasar modal sudah memiliki beberapa informasi yang diketahui oleh penjual maupun pembeli. Selain itu, harga jual saham juga tidak dipengaruhi oleh pihak lain.
PASAR MONOPOLI
Pasar
monopoli adalah kondisi di mana hanya ada satu atau sedikit penjual di dalam
pasar sehingga tak ada pihak lain yang menyainginya. Pasar ini menjadi bentuk
interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu produsen yang
berhadapan dengan banyak konsumen.
Ciri-ciri Pasar Monopoli
1.
Industri satu perusahaan
2. Barang
atau jasa tak punya pengganti
3. Sulit
masuk ke dalam industri
4. Dapat memengaruhi
penentuan harga
Karena hanya ada satu
perusahaan di pasar ini, maka perusahaan tersebut dapat menguasai penentuan
harga. Tak heran jika kemudian perusahaan monopoli disebut juga sebagai penentu
harga.
5. Tak perlu promosi iklan
Tak seperti perusahaan
lainnya, perusahaan monopoli tak terlalu perlu mempromosikan barang atau jasa
yang dijualnya. Betapa tidak, saat dibutuhkan, pembeli tak punya pilihan lain
selain menggunakan produk perusahaan yang bersangkutan. Bagi perusahaan
monopoli, iklan dibutuhkan hanya untuk memelihara hubungan baik dengan
masyarakat, bukan untuk menarik pembeli atau meningkatkan penjualan.
contoh pasar monopoli di Indonesia:
1. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebagai penyedia listrik. 2. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai penyedia air bersih. 3. PT Pertamina, sebagai penyedia bahan bakar. 4. PT Kereta Api Indonesia (KAI), sebagai penyedia layanan transportasi kereta api. 5. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), sebagai penyedia transportasi laut. 6. Bulog sebagai penyedia beras, termasuk di antaranya beras impor.
REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/03/11/pasar-persaingan-sempurna
https://dailysocial.id/post/pasar-persaingan-sempurna-pengertian-ciri-ciri-struktur-dan-contohnya
Komentar
Posting Komentar