SUPPLY AND DEMAND

 

TEORI PERMINTAAN DAN KURVA PERMINTAAN

Teori permintaan menerangkan tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga, berdasarkan ciri hubungan antara permintaan dan harga dapat dibuat grafik kurva permintaan.

PARA PENENTU PERMINTAAN

Permintaan seseorang atau sesuatu masyarakat kepada sesuatu barang ditentukan oleh banyak faktor. Di antara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah seperti yang dinyatakan di bawah ini:

1. Harga barang itu sendiri.

2. Harga barang lain yang berkaitan era dengan barang tersebut.

3. Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat.

4. Distribusi pendapatan dalam masyarakat.

5. Cita rasa masyarakat.

6. Jumlah penduduk.

7. Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang.

 Dalam analisis ekonomi dianggap bahwa permintaan suatu barang terutamadipengaruhi oleh tingkat harganya. Oleh sebab itu, dalam teori permintaan yang terutama dianalisis adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan barga barang tersebut.

KURVA PERMINTAAN







Dalam Gambar 4.1, titik P juga menggambarkan keadaan seperti itu. Dalam menganalisis permintaan perlu disadari perbedaan antara dua istilah berikut: permintaan dan jumlah barang yang diminta. Apabila ahli ekonomi mengatakan "permintaan" yang dimaksudkan adalah keseluruhan daripada kurva permintaan. Jadi permintaan menggambarkan keadaan keseluruhan daripada hubungan antara harga dan jumlah permintaan.

PERMINTAAN PERSEORANGAN DAN PERMINTAAN PASAR

Permintaan terhadap sesuatu barang, dapat dilihat dari dua sudut, yaitu permintaan yang dilakukan oleh seseorang dan permintaan yang dilakukan oleh semua orang dalam pasar. Oleh karena itu, dalam analisis perlu dibedakan antara kurva permintaan perseorangan dan kurva permintaan pasar. Untuk memperoleh kurva permintaan pasar, kurva permintaan berbagai individu dalam pasar harus dijumlahkan.

HARGA BARANG-BARANG LAIN

Hubungan antara sesuatu barang dengan berbagai jenis-jenis barang lainnya dapat dibedakan kepada tiga golongan, yaitu:

(1) barang lain itu merupakan pengganti,

(2) barang lain itu merupakan pelengkap, dan

 (3) kedua barang tidak mempunyai kaitan sama sekali (barang netral).

PENDAPATAN PARA PEMBELI

Pendapatan para pembeli merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan permintaan terhadap berbagai barang. Perubahan pendapatan selalu menimbulkan terhadap permintaan berbagai jenis barang. Berdasarkan kepada sifat perubahan permintaan. berlaku apabila pendapatan berubah, berbagai barang dapat dibedakan menjadi empat yaitu :

1.Barang interior

2.Barang esensial

3.Barang normal

4.Barang mewah

TEORI PENAWARAN DAN KURVA PENAWARAN

Terdapatnya permintaan belum merupakan syarat yang cukup untuk mewujudkan transaksi dalam pasar. Permintaan yang wujud hanya dapat dipenuhi apabila para penjual dapat menyediakan barang-barangyang diperlukan tersebut. Pada tingkat ini analisis hanya dibatasi kepada menerangkan dua hal berikut:

PENENTU-PENENTU PENAWARAN

Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan olebbeberapa faktor. Yang terpenting adalah :

1.Harga barang itusenditi.

2.Harga barang-barang lain.

3.Biaya produksi.

4.Tujuan-tujuan operasi perusahaan tersebut.

5. Tingkat teknologi yang digunakan.

CIRI HUBUNGAN ANTARA HARGA DAN PENAWARAN

Harga sesuatu batang selalu dipandang sebagai faktor yang sangat penting dalam menentukan penawaran barang  tersebut. Oleh sebabitu teori penawaran terutama menumpukan perhatiannya pada hubungan di antara tingkat harga dengan jumlah barang yang ditawarkan.

HUKUM PENAWARAN

adalah suatu pernataan yang menjelaskan tentang sifat hubungan antara.Harga esuatu barang dan jumlah barang tersebut yang ditawarkan para penjual. Dalam hukum ini dinyatakan bagaimana keinginan para penjual untuk menawarkan barangnya apabila harganya rendah. Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa makin tinggi harga sesuatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga sesualu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.

PENGARUH FAKTOR BUKAN-HARGA TERHADAP PENAWARAN

Untuk melengkapianalisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, selanjutnya  diteliti peranan faktor-faktor lainnya dalam,mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan

1.Harga Barang Lain

2.Biaya untuk memproduksi faktor lain

3.Tujuan perusahaan

4.Tingkat teknologi

 

Sumber :

1.     Buku Ajar Ekonomi Mikro Sadono

https://www.untag-sby.ac.id/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI BIAYA PRODUKSI JANGKA PANJANG,SKALA EKONOMIS DAN SKALA TIDAK EKONOMIS

TEORI BIAYA PRODUKSI JANGKA PENDEK

Teori Perilaku Konsumen Dengan Pendekatan Kardinal