SUPPLY AND DEMAND
TEORI PERMINTAAN DAN KURVA
PERMINTAAN
Teori permintaan
menerangkan tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga,
berdasarkan ciri hubungan antara permintaan dan harga dapat dibuat grafik kurva
permintaan.
PARA PENENTU PERMINTAAN
Permintaan seseorang
atau sesuatu masyarakat kepada sesuatu barang ditentukan oleh banyak faktor. Di
antara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah seperti yang dinyatakan di
bawah ini:
1. Harga barang itu sendiri.
2. Harga barang lain yang berkaitan
era dengan barang tersebut.
3. Pendapatan rumah tangga dan
pendapatan rata-rata masyarakat.
4. Distribusi pendapatan dalam
masyarakat.
5. Cita rasa masyarakat.
6. Jumlah penduduk.
7. Ramalan mengenai keadaan di masa
yang akan datang.
Dalam analisis ekonomi dianggap bahwa
permintaan suatu barang terutamadipengaruhi oleh tingkat harganya. Oleh sebab itu,
dalam teori permintaan yang terutama dianalisis adalah hubungan antara jumlah
permintaan suatu barang dengan barga barang tersebut.
KURVA PERMINTAAN
Dalam Gambar 4.1, titik
P juga menggambarkan keadaan seperti itu. Dalam menganalisis permintaan perlu
disadari perbedaan antara dua istilah berikut: permintaan dan jumlah barang
yang diminta. Apabila ahli ekonomi mengatakan "permintaan" yang
dimaksudkan adalah keseluruhan daripada kurva permintaan. Jadi permintaan
menggambarkan keadaan keseluruhan daripada hubungan antara harga dan jumlah permintaan.
PERMINTAAN PERSEORANGAN DAN
PERMINTAAN PASAR
Permintaan terhadap
sesuatu barang, dapat dilihat dari dua sudut, yaitu permintaan yang dilakukan
oleh seseorang dan permintaan yang dilakukan oleh semua orang dalam pasar. Oleh
karena itu, dalam analisis perlu dibedakan antara kurva permintaan perseorangan
dan kurva permintaan pasar. Untuk memperoleh kurva permintaan pasar, kurva
permintaan berbagai individu dalam pasar harus dijumlahkan.
HARGA BARANG-BARANG LAIN
Hubungan antara sesuatu
barang dengan berbagai jenis-jenis barang lainnya dapat dibedakan kepada tiga
golongan, yaitu:
(1) barang lain itu merupakan
pengganti,
(2) barang lain itu merupakan
pelengkap, dan
(3) kedua barang tidak mempunyai kaitan sama
sekali (barang netral).
PENDAPATAN PARA PEMBELI
Pendapatan para pembeli
merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan permintaan terhadap
berbagai barang. Perubahan pendapatan selalu menimbulkan terhadap permintaan
berbagai jenis barang. Berdasarkan kepada sifat perubahan permintaan. berlaku
apabila pendapatan berubah, berbagai barang dapat dibedakan menjadi empat yaitu
:
1.Barang interior
2.Barang esensial
3.Barang normal
4.Barang mewah
TEORI PENAWARAN DAN KURVA PENAWARAN
Terdapatnya permintaan
belum merupakan syarat yang cukup untuk mewujudkan transaksi dalam pasar.
Permintaan yang wujud hanya dapat dipenuhi apabila para penjual dapat
menyediakan barang-barangyang diperlukan tersebut. Pada tingkat ini analisis
hanya dibatasi kepada menerangkan dua hal berikut:
PENENTU-PENENTU PENAWARAN
Keinginan para penjual
dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan olebbeberapa
faktor. Yang terpenting adalah :
1.Harga barang itusenditi.
2.Harga barang-barang lain.
3.Biaya produksi.
4.Tujuan-tujuan operasi perusahaan
tersebut.
5. Tingkat teknologi yang
digunakan.
CIRI HUBUNGAN ANTARA HARGA DAN
PENAWARAN
Harga sesuatu batang
selalu dipandang sebagai faktor yang sangat penting dalam menentukan penawaran
barang tersebut. Oleh sebabitu teori
penawaran terutama menumpukan perhatiannya pada hubungan di antara tingkat
harga dengan jumlah barang yang ditawarkan.
HUKUM PENAWARAN
adalah suatu pernataan
yang menjelaskan tentang sifat hubungan antara.Harga esuatu barang dan jumlah
barang tersebut yang ditawarkan para penjual. Dalam hukum ini dinyatakan
bagaimana keinginan para penjual untuk menawarkan barangnya apabila harganya
rendah. Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa makin tinggi harga
sesuatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para
penjual. Sebaliknya, makin rendah harga sesualu barang semakin sedikit jumlah
barang tersebut yang ditawarkan.
PENGARUH FAKTOR BUKAN-HARGA TERHADAP
PENAWARAN
Untuk melengkapianalisis mengenai
faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, selanjutnya diteliti peranan faktor-faktor lainnya
dalam,mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan
1.Harga Barang Lain
2.Biaya untuk memproduksi faktor
lain
3.Tujuan perusahaan
4.Tingkat teknologi
Sumber :
1. Buku
Ajar Ekonomi Mikro Sadono

ok
BalasHapus